Jumat, 31 Desember 2021

BUKU AJAR GIZI DALAM KESEHATAN REPRODUKSI

  • Desember 31, 2021
  • Penerbit NEM


Seorang bidan dan tenaga kesehatan selalu berhubungan dengan pasien dalam keadaan sehat maupun sakit. Tugas dan tanggung jawab yakni meningkatkan status kesehatan sesuai daur kehidupannya (masa hamil, bersalin, nifas, menyusui, bayi baru lahir dan balita). Aspek yang paling penting untuk dapat meningkatkan kesehatan serta penyembuhan penyakit adalah dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang adekuat. Untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang adekuat, kita harus memahami Kebutuhan Gizi dalam Kesehatan Reproduksi.

Buku Ajar “Gizi dalam Kesehatan Reproduksi” hadir untuk meningkatkan kompetensi bidan dan tenaga kesehatan dalam memahami dan memberikan asuhan tentang kebutuhan gizi sesuai daur kehidupannya masa hamil, bersalin, nifas, menyusui, bayi baru lahir dan balita). Pemahaman yang baik mengenai kebutuhan gizi serta mampu mengupayakan pemenuhan kebutuhan gizi merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak serta sejalan dengan MDG’s ke-4 dan ke-5.

Buku Ajar “Gizi dalam Kesehatan Reproduksi” ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa kebidanan, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan ilmu gizi dalam hubungannya dengan Kesehatan Reproduksi. Buku ini menguraikan Konsep Dasar Nutrisi dan Nutrisi pada Kehamilan, Masa Persalinan, Masa Nifas dan Menyusui serta Nutrisi pada Bayi dan Balita. Dalam setiap bab tersaji studi kasus dan latihan soal untuk mendorong kemandirian belajar mahasiswa.