Rabu, 26 Januari 2022

Paradigma Usaha Tani Tanaman Ternak Terintegrasi Optimal: Perspektif Sumber Daya Terbatas dan Musim Berbeda

  • Januari 26, 2022
  • Penerbit NEM


Pertumbuhan penduduk yang tinggi mengakibatkan sebagian lahan digunakan untuk tujuan pertanian diubah menjadi daerah pemukiman, sehingga petani dihadapkan pada posisi yang sulit karena keterbatasan sumber daya terutama lahan garapan setiap keluarga petani. Di lain pihak, petani dituntut untuk meningkatkan pemenuhan protein nabati dan hewani.

Walaupun demikian, masih terdapat potensi usaha tani untuk meningkatkan pendapatan yang lebih baik apabila petani melakukan reorganisasi aktivitas usaha tani ternaknya, sehingga sumber daya usaha tani dan ternak yang jumlahnya terbatas dapat dialokasikan secara efisien untuk mendapatkan pendapatan yang optimal. Hal inilah pentingnya perencanaan usaha tani yang kompleks diwujudkan dengan penentuan pola tanam atau model kombinasi usaha tani ternak optimal sesuai potensi agro-ekosistem dan iklim cuaca masing-masing wilayah.

Buku ini membahas aktualisasi usaha tani tanaman ternak secara terintegrasi, penentuan usaha tani optimal yang terbaik dilakukan petani berdasarkan skala kepemilikan lahan dan ternak, penggunaan sumber daya dan tingkat efisiensi penggunaan input produksi serta penalaran komparasi usaha tani optimal berdasarkan luas kepemilikan lahan. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana. Harapan terbitnya buku ini, dapat menambah pengetahuan dan dorongan nasihat yang sederhana dan menenteramkan bagi penulis dan para pembaca sehingga dapat pula termotivasi untuk membuahkan pikiran. Wallahu a’lam bishawab.