Selasa, 15 Februari 2022

Determinan Pediculosis capitis

  • Februari 15, 2022
  • Penerbit NEM


Anak merupakan aset suatu bangsa yang harus dijaga dan dirawat. Akan tetapi, banyak anak yang kehidupannya jauh dari sejahtera dan harus bertahan dalam kondisi lingkungan yang tidak memadai untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Banyak anak yang mengalami gangguan kesehatan terutama pada anak yang menetap di panti asuhan, penyebabnya adalah belum maksimalnya kebersihan diri dan pola hidup sehat. Hal ini disebabkan oleh minimnya fasilitas, dukungan dana, dan sosialisasi. Lingkungan yang kurang bersih mempunyai pengaruh cukup besar akan kesehatan anak. Kondisi ini menyebabkan anak-anak panti asuhan mudah tertular penyakit.

Pedikulosis kapitis merupakan ektoparasitosis paling umum di seluruh dunia. Penyakit ini bersifat endemik secara global di negara-negara maju dan berkembang yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Kutu kepala menghisap darah dan berpotensi menyebabkan anemia. Gatal yang disebabkan oleh kutu air liur dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan tidur, mengganggu konsentrasi belajar, mengakibatkan menurunnya prestasi di sekolah. Penyebaran pedikulosis kapitis lebih sering terjadi pada anak-anak yang menetap di panti asuhan dan sekolah khusus yang tinggal di asrama. Buku ini membahas dan menganalisis hubungan antara faktor penjamu, agen dan lingkungan dengan kejadian pedikulosis kapitis.

Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah pengetahuan, pendidikan dan kesehatan kepada para pembaca untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan. Wallahu a’lam bishawab.