Kamis, 10 Februari 2022

Metode Penelitian Kesehatan

  • Februari 10, 2022
  • Penerbit NEM


Penelitian merupakan kegiatan yang harus dilakukan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Dosen diwajibkan melakukan penelitian guna meningkatkan kompetensinya di bidang ilmu masing-masing. Sedangkan mahasiswa melakukan penelitian sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjananya. Oleh karena itu buku metode penelitian sangat diperlukan oleh peneliti pada umumnya dan oleh dosen dan mahasiswa pada fakultas kedokteran khususnya.

Buku ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada peneliti tentang metode penelitian bidang kesehatan. Pembahasan diberikan secara rinci, dimulai cara menuliskan populasi penelitian, sampel dan variabel penelitian. Cara pengolahan meliputi inputediting and cleaningcoding, dan processing data. Cara penyajian analisis data deskriptif dan inferensial (analitik) dalam bentuk tabel ukuran statistik, tabel distribusi frekuensi, tabel baris kolom dua variabel, atau tabel baris kolom multivariabel.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat, khususnya untuk mahasiswa fakultas kedokteran agar dapat menyusun proposal penelitiannya dengan baik.