Senin, 14 Maret 2022

Manajemen Keuangan Rumah Sakit: Konsep dan Analisis

  • Maret 14, 2022
  • Penerbit NEM


Reformasi keuangan negara di Indonesia telah mengalami banyak perubahan, diawali dengan dikeluarkannya paket Undang-Undang Keuangan Negara, yaitu Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban APBN. Reformasi ini menimbulkan banyak perubahan pada manajemen rumah sakit, termasuk manajemen keuangan. Salah satu aspek yang terpenting dalam pengelolaan administrasi rumah sakit adalah pengelolaan manajemen keuangan, karena seluruh pelayanan/operasional rumah sakit akan bermuara pada aspek keuangan yang merupakan salah satu tolok ukur penilaian kinerja/performance rumah sakit. Di mana manajemen keuangan rumah sakit sebelumnya dianggap bukan sesuatu hal yang penting dalam tata kelola rumah sakit sebagai hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan di rumah sakit.

Buku Manajemen Keuangan Rumah Sakit ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan pemahaman pengelolaan keuangan rumah sakit, sehingga diharapkan dapat menghasilkan output kinerja keuangan yang optimal menuju era baru BLU yang lebih fleksibel dalam keuangan dan mandiri dalam pengelolaan manajemen rumah sakit serta mampu menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat.

Buku ini membahas tentang paradigma baru pengelolaan keuangan rumah sakit dalam aspek manajemen modal kerja, manajemen kas, manajemen piutang, manajemen persediaan, manajemen investasi, manajemen hutang, manajemen aset penentuan tarif rumah sakit berdasarkan activity based costing dan evaluasi kinerja keuangan rumah sakit.