Senin, 14 Maret 2022

Monograf Identifikasi Pohon Penghijauan sebagai Fungsi dalam Bidang Arsitektur Lanskap di Lahan Carik Injeuman Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

  • Maret 14, 2022
  • Penerbit NEM


Keberadaan pohon-pohon yang berada dalam suatu kawasan perlu diidentifikasi, agar pohon-pohon ini dapat diketahui ciri-ciri dan manfaatnya bagi kebutuhan secara umum maupun keperluan bidang arsitektur lanskap secara khusus.

Buku monograf ini berisi penjelasan hasil penelitian yang dilakukan di lahan Carik Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Lahan Carik dengan luas sekitar 22 hektar, pada awalnya kondisi kering/gersang, penuh dengan alang-alang, dan tidak ada yang menggarap. Adanya penanaman pohon penghijauan yang dilakukan oleh salah seorang tokoh masyarakat secara bertahap, sejak tahun 2012 menjadikan lahan tersebut mulai dipakai untuk peternakan sapi perah, areal pertanian, dan areal agroforestri. Penanaman pohon-pohon tersebut ada yang secara bergerombol seluas 5 hektar dan lainnya menyebar di lahan Carik. Pohon-pohon yang sudah ditanam sebanyak 102 jenis bertujuan untuk konservasi lahan dan koleksi pohon-pohon hutan. Identifikasi pohon-pohon yang dilakukan penulis berdasarkan nama spesies, nama lokal, famili, tinggi pohon, ketinggian tempat tumbuh, diameter batang, lebar tajuk, bentuk morfologi, kegunaan secara arsitektur lanskap, dan kegunaan bagi kehidupan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini secara survei, FGD dengan tokoh masyarakat, dan studi literatur. Keterbatasan pengambilan data karena adanya PSBB nasional merupakan kendala bagi penelitian ini. Diharapkan dari identifikasi ini dapat menjadi rekomendasi pemilihan jenis pohon untuk agro-ekowisata, yang akan dikembangkan di lahan Carik Injeuman Desa Cibodas. Selain itu hasilnya dapat berupa rekomendasi dalam pemilihan jenis pohon-pohon secara umum dan khusus bagi bidang arsitektur lanskap. Semoga buku monograf ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.