Senin, 06 Juni 2022

Pengantar Ilmu Politik

  • Juni 06, 2022
  • Penerbit NEM

 


Kajian politik yang sebenarnya dimulai ketika orang percaya bahwa mereka dapat membentuk pemerintahan mereka sendiri menurut prinsip-prinsip yang dapat dipahami oleh akal.

Seiring dengan perkembangan zaman, bidang ilmu politik telah berkembang di masyarakat secara lebih rinci. Dalam perkembangannya, tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai bidang akan saling memengaruhi. Contoh: Ilmu politik menarik kontribusi berharga dari filsafat, sejarah hukum, psikologi, dan sosiologi. Semua ini telah memungkinkan ilmu politik berkembang lebih pesat dan mencakup wilayah yang lebih luas mengikuti perkembangan masyarakat.

Ilmu politik mempelajari kehidupan politik. Politik secara luas sebagai keseluruhan aktivitas di mana orang membuat, memelihara, dan mengubah aturan umum di mana mereka tinggal.

Buku ini membahas perihal ilmu politik yang ditujukan sebagai pengantar terkait ilmu politik. Di awal pembahasan, buku ini menyajiakan ruang lingkup dan konsep politik serta sistem politik. Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan tentang pemilihan umum dan partai politik serta pemilu dan parlemen. Berikutnya, dibahas tentang demokrasi dan sistem politik, disambung dengan pembahasan mengenai kekuatan-kekuatan politik. Di bagian akhir buku ini ditutup dengan pembahasan perihal politik global.

Beli Buku: