Selasa, 14 Juni 2022

Penyelenggaraan Program Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi

  • Juni 14, 2022
  • Penerbit NEM

 


Pendukung utama tercapainya sasaran pembangunan manusia Indonesia yang bermutu adalah pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu tidak hanya menyangkut aspek akademis, tetapi juga menyangkut aspek perkembangan pribadi-sosial-kematangan intelektual dan sistem nilai. Karena itu pendidikan harus seimbang, yang tidak hanya mampu mengantarkan peserta didik pada pencapaian standar kemampuan profesional dan akademis, tetapi juga kemampuan mengembangkan diri yang sehat dan produktif. Setiap individu termasuk di dalamnya peserta didik dan atau mahasiswa akan menghadapi berbagai masalah seperti masalah, penyesuaian diri, masalah pendidikan, masalah sosial, masalah keluarga, dan masalah pribadi. Dalam hal tersebut, sekolah atau perguruan tinggi harus mampu membantu murid-muridnya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Maka dibutuhkan adanya program bimbingan dan konseling untuk membantu mengatasi permasalahan yang mungkin dihadapi oleh para peserta didik.

Bimbingan adalah proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan, sekolah, keluarga, dan masyarakat. Menurut W.S. Winkel (1991:34), konseling merupakan serapan dari kata counselling yang dikaitkan dengan kata counsel, yang berarti nasihat (to obtain counsel), anjuran (to give counsel), atau pembicaraan (to take counsel). Secara etimologis, istilah konseling dari bahasa latin, yaitu consilium yang berarti dengan dan bersama yang dirangkai menerima atau memahami. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, agar mandiri dan berkembang melalui jenis layanan dan kegiatan pendukung.

Buku ini membahas tentang bimbingan dan konseling dan pedoman penyelengaraannya sesuai dengan kaidah yang ada dan diharapkan dapat dipergunakan dan membantu untuk menyusun program Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi.


                                                              Beli Buku: