Selasa, 23 Agustus 2022

Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar

  • Agustus 23, 2022
  • Penerbit NEM




Implementasi kebijakan pendidikan inklusif yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

 

Pada pendidikan dasar, kehadiran pendidikan inklusif perlu mendapat perhatian lebih. Pendidikan inklusif sebagai layanan pendidikan yang mengikutsertakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) belajar bersama anak normal (non-ABK) usia sebayanya di kelas anak biasa yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Menerima anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar terdekat merupakan mimpi yang indah yang dirasakan oleh orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

 

Buku ini membahas perihal implementasi kebijakan pendidikan inklusif, di awal pembahasan, buku ini menyajikan ruang lingkup dan konsep pendidikan inklusif, tujuan pendidikan inklusif, landasan yuridis pendidikan inklusif, model penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah dasar, kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif sekolah dasar, di bagian akhir buku ini ditutup dengan pembahasan perihal mekanisme penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah dasar.

 

Beli Buku: