Jumat, 09 September 2022

Buku Ajar Kinematika untuk Teknik Mesin Alat Berat

  • September 09, 2022
  • Penerbit NEM

               


Kinematika merupakan hal paling fundamental yang harus diketahui oleh mahasiswa mesin tak terkecuali bagi mahasiswa teknik mesin alat berat karena ada banyak konsep kinematika yang diterapkan pada berbagai unit alat berat itu sendiri. Buku ini menyajikan bagaimana konsep-konsep kinematika, bagaimana rumusan dan perhitungannya, serta penerapannya terkhusus dalam perancangan teknik. Sehingga diharapkan pembaca mampu menganalisa mekanisme dan gerakan setiap elemennya sehingga dapat berimplikasi pada pemikiran kritis dan kreativitas dalam aplikasi perancangan mekanis secara ilmiah.

Buku ajar ini akan membahas terkait kinematika khususnya pada bidang alat berat. Contohnya: kecepatan dan percepatan, gerak relatif, mekanisme, diagram kinematis, derajat kebebasan, penentuan dan penerapan persamaan kecepatan dan percepatan, gaya dan transmisi mesin, serta kinematika pada manipulator dan mobile.

Pada buku ini terdapat latihan soal yang dilengkapi dengan jawabannya, serta setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan tes formatif untuk mengasah kemampuan pembaca sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk setiap kegiatan belajar, sehingga diharapkan buku ini dapat menjadi referensi dalam perkuliahan mahasiswa teknik mesin khususnya bidang alat berat.

                                                            PEMBELIAN BUKU: