Minggu, 04 September 2022

Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21

  • September 04, 2022
  • Penerbit NEM

                                                                 


UNESCO mengharapkan agar lembaga pendidikan mampu menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di abad 21 seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif, problem solving, komunikasi, kolaborasi, menguasai teknologi informasi, dan berkarakter. Pendekatan ilmiah atau scientific approach sangat tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran demi menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan abad 21. Hal ini karena penerapan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran siswa terbiasa untuk bertindak layaknya ilmuwan seperti melakukan kegiatan mengamati, menanya, mungumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan, dan menyimpulkan.

Selain itu terdapat model pembelajaran yang berorientasi scientific approach yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran karakter Education for Sustainable Development (ESD), model pembelajaran discovery learning, model pembelajaran inquiry learning, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan model pembelajaran blended learning. Berdasarkan hasil penelitian kekinian penerapan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan abad 21 siswa.

Oleh karena itu, buku ini menjelaskan secara rinci terkait scientific approach, kemampuan abad 21 siswa, dan model pembelajaran yang berorientasi scientific approach. Dalam buku ini dijelaskan juga prosedur pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) beserta contohnya. Semoga buku ini dapat membantu para pembaca untuk menghasilkan generasi emas Indonesia yang memiliki kemampuan abad 21.


                                                            PEMBELIAN BUKU: