Selasa, 11 Oktober 2022

Penurunan Intensitas Nyeri Pasien Kanker Payudara dengan Teknik Guided Imagery

  • Oktober 11, 2022
  • Penerbit NEM

          






Kanker payudara adalah tumor ganas di mana terjadi perubahan patologi di dalam sel dan jaringan tubuh sebagai akibat kanker yang menyebar dan penyebarannya melalui darah dan pembuluh limfe ke daerah lain dari tubuh dan paling banyak ditemukan pada wanita. Umumnya kasus kanker payudara didapatkan keluhan utama adalah benjolan yang keras, bentuk puting berubah, perubahan pada kulit, nyeri dengan atau ada massa di payudara, ada benjolan di axilla, sedangkan keluhan lain yang menyertai meliputi, nyeri pinggang/punggung atau tulang belakang, nyeri kepala yang hebat, muntah proyektil, dan kesadaran menurun. Nyeri yang dirasakan pada pasien kanker payudara, merupakan suatu masalah subjektif yang sangat mengganggu penderita yang dapat memengaruhi kondisi pasien berupa badan terasa lemah dan tidak ada nafsu makan. Manajemen nyeri menjadi intervensi yang sangat penting bagi seorang perawat untuk membantu pasien dengan masalah nyeri.

Pada umumnya analgesik dianggap sebagai metode yang penting dalam mengurangi rasa nyeri. Namun beberapa analgesik mempunyai efek negatif bagi pasien dengan gangguan ginjal dan hepatik. Efek yang umum terjadi yaitu gangguan pada lambung yaitu mual dan perih. Oleh karena itu, diperlukan strategi atau teknik nonfarmakologi yang dapat menjamin peningkatan manajemen nyeri. Selain itu, teknik nonfarmakologi dapat sebagai terapi di samping obat-obatan anti nyeri dan mengurangi stres yang dirasakan oleh pasien. Salah satu teknik manajemen nyeri yang telah lama digunakan yaitu distraksi imajinasi terbimbing (guided imagery).

Buku ini membahas tentang pengaruh teknik guided imagery yang merupakan salah satu terapi nonfarmakologi dan terapi relaksasi yang bertujuan untuk menurunkan intensitas nyeri pada pasien kanker payudara. Dalam hal ini diharapkan dapat diterapkan dan memberikan manfaat dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien yang mengalami nyeri ringan sampai nyeri sedang.

                                                            PEMBELIAN BUKU: