Rabu, 28 Desember 2022

Deteksi Dini Perkembangan Anak Berbasis Masyarakat

  • Desember 28, 2022
  • Penerbit NEM

                               


Perkembangan tidak lepas dari pertumbuhan, karena perkembangan seiring dengan pertumbuhan. Masa perkembangan di usia awal akan memengaruhi dan menentukan perkembangan selanjutnya. Satu tahapan perkembangan berkaitan dengan perkembangan lainnya, seperti kemampuan berjalan pada anak akan dipengaruhi oleh matangnya fungsi otot dan kaki anak.

 

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang cukup, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya, termasuk perkembangan kognitif, bahasa, motorik, emosi, dan perkembangan perilaku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya. Setiap kelainan atau penyimpangan sekecil apapun, apabila tidak terdeteksi dan ditangani dengan baik, akan memengaruhi kualitas sumber daya manusia di kemudian hari.

 

Perkembangan anak dapat mencapai optimal apabila mendapatkan dukungan berupa stimulasi dari orang tua dan keluarganya. Stimulasi perkembangan mencakup seluruh lingkup perkembangan anak, meliputi: nilai agama moral, kognitif, bahasa, motorik fisik, sosial-emosional, dan seni.

                                                            PEMBELIAN BUKU: