Senin, 05 Desember 2022

Etika dan Hukum dalam Pelayanan Kebidanan

  • Desember 05, 2022
  • Penerbit NEM

                 


Etika dan Hukum dalam Pelayanan Kebidanan pada buku ini dapat digunakan sebagai pedoman dan pedoman dalam mempelajari dan memahami tentang pelaksanaan etika dan hukum dalam pelayanan kebidanan kepada masyarakat. Pentingnya pemahaman tentang etika dan hukum karena adanya fenomena permasalahan dalam memberikan pelayanan kesehatan baik di tingkat global maupun nasional. Banyaknya permasalahan tersebut sebenarnya bisa dihindarkan, dengan demikian sangat penting untuk memahami pendidikan etika dan hukum bagi tenaga kesehatan, khususnya yang memberikan pelayanan kebidanan.

 

Buku ini dilengkapi dengan Undang-Undang No. 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan yang berkaitan dengan pelayanan kebidanan sebagai hukum positif di Indonesia. Dengan adanya peraturan perundang-undangan tersebut, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus tunduk dan menaatinya. Hal ini dapat dipergunakan sebagai pegangan dalam memberikan pelayanan kebidanan di masyarakat.  Prinsip etika dan hukum harus diterapkan oleh seorang tenaga kesehatan dalam praktik sehari-hari dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, hak dan kewajiban pasien, serta hak dan kewajiban tenaga kesehatan juga perlu mendapat perhatian agar terhindar dari masalah hukum.

 

Sistem hukum yang ada di Indonesia dan badan hukum yang memengaruhi kebijakan terhadap praktik kebidanan juga perlu dipelajari, di antaranya Hukum Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Administrasi Negara, agar lebih mengerti dan paham akan proses hukum yang ada dan berlaku/hukum positif di Indonesia.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: