Selasa, 13 Desember 2022

Krim Antiaging dari Ekstrak Kolagen Limbah Sisik Ikan Bandeng (Chanos chanos)

  • Desember 13, 2022
  • Penerbit NEM

                  




Penuaan dini merupakan suatu proses yang terjadi pada setiap manusia dan tidak dapat dihindari. Berbagai macam penyebab terjadinya penuaan dini yaitu dapat berasal dari pengaruh sinar matahari (UV) serta pengaruh gaya hidup yang tidak sehat serta dipengaruhi faktor usia yang mengakibatkan perubahan pada kulit. Adapun pengobatan atau cara mencegah penuaan pada kulit yaitu dengan penggunaan senyawa yang mengandung asam retinoid, hidrokuinon, dan kolagen baik secara injeksi ataupun topikal.

Bahan alami yang sering digunakan dalam industri kosmetik terutama dalam mencegah kerusakan pada kulit yaitu bahan yang mengandung antioksidan seperti kolagen. Kolagen pada kulit berfungsi melindungi dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit sehingga sangat baik digunakan untuk perawatan kulit khususnya mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Salah satu sumber kolagen yaitu ikan bandeng. Kolagen ikan bandeng dapat diperoleh dari kulit, tulang, daging serta sisik ikan. Buku ini akan membahas pemanfaatan sisik ikan bandeng yang biasanya hanya menjadi limbah yang tidak dimanfaatkan di masyarakat menjadi sediaan kosmetik sebagai krim antiaging yang dapat mencegah penuaan dini. Harapannya dapat memberikan pengetahuan baru kepada pembaca bahwa sisik ikan bandeng mengandung kolagen yang dapat dimanfaatkan sebagai krim antiaging.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: