Kamis, 08 Desember 2022

Mewujudkan Informasi Akuntansi yang Berkualitas

  • Desember 08, 2022
  • Penerbit NEM

   



Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan, prestasi (hasil usaha) perusahaan, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomik. Namun demikian, harapan para pengguna informasi keuangan yang sedemikian percaya pada laporan keuangan untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam berbagai pengambilan keputusan ekonomiknya, terkadang tidak dapat terwujud. Beberapa fakta/fenomena kecurangan laporan keuangan yang terjadi membuktikan belum terwujudnya harapan para pengguna informasi keuangan tersebut.

Buku berjudul Mewujudkan Informasi Akuntansi yang Berkualitas” akan membahas bagaimana menyajikan informasi akuntansi yang berkualitas. Beberapa faktor kunci seperti keberadaan standar akuntansi, peran akuntan internal (termasuk auditor internal dalam satuan pengawas internal), peran auditor (eksternal), perhatian pemilik, sikap dan orientasi manajemen, dan tekanan publik ikut menentukan kualitas informasi berupa angka akuntansi yang layak dipercaya. Faktor kunci di atas saling berinteraksi dalam sebuah sistem dan mekanisme yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Dari beberapa faktor kunci tersebut, jika harus dipaksa untuk menentukan faktor strategis manakah yang paling menentukan? Temukan jawabannya di buku ini.

 


                                                                   PEMBELIAN BUKU: