Minggu, 04 Desember 2022

Modifikasi Biosensor untuk Diabetes Mellitus

  • Desember 04, 2022
  • Penerbit NEM

              






Buku ini mencoba memberikan khazanah peranan dan aplikasi biosensor dalam dunia kesehatan terutama dalam upaya penanganan penyakit diabetes mellitus. Mengingat semakin merajalelanya penyakit diabetes mellitus di sekitar kita. Juga begitu banyaknya macam dan jenis glukotest yang telah digunakan oleh masyarakat secara luas.

Biosensor glukosa merupakan generasi pertama pengembangan biosensor. Terutama biosensor berbasis enzim telah banyak digunakan sebagai instrumen penting dalam dunia kesehatan. Keseluruhan isi buku ini akan memberi penjelasan ringkas konsep dan teknis proses immobilisasi bioreagen, peran enzim dalam proses perancangan sebuah biosensor, dan interaksi analit dengan lapisan sensitif biosensor atau bioreseptor.

Modifikasi biosensor untuk pengukuran glukosa ini menggunakan spesifikasi yang khas dalam upaya pencapaian desain ideal. Spesifikasi pada proses pengembangan antara lain penggunaan ferrocene dalam mekanisme pengukuran glukosa dalam darah, penggunaan metode inversi fasa untuk pembuatan membran selulosa asetat, penggunaan metode mikroenkapsulasi untuk mengimobilisasi enzim glukosa oksidase, penggunaan Aspergillusniger sebagai enzyme Glukosa oksidase. Demikian modifikasi yang dilakukan dari desain-desain terdahulu semoga kehadiran buku ini memberikan alternatif dan khazanah bagi perkembangan penggunaan biosensor dalam dunia kesehatan. Selamat membaca dan selamat menemukan pengetahuan baru.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: