Rabu, 22 Februari 2023

Aplikasi Semikonduktor Wittichenite (Cu3BiS3) pada Sel Surya Tipe Quantum Dot-Sensitized Solar Cells (QD-SSCs)

  • Februari 22, 2023
  • Penerbit NEM

 


Wittichenite (Cu3BiS3) merupakan senyawa bismut sulfosalt dari tembaga dari kelompok kalkogen logam terner I–V–VI. Senyawa ini pertama kali digambarkan oleh Selb (Hintze, 1904) pada tahun 1805 dari Wittichen di Baden, Jerman, di bawah nama Kupferwismutherz. Senyawa ini kemudian dinamakan Wittichit dan akhirnya dinamakan witthichenit (wittichenite) pada tahun 1853.

 

Pada tahun 1997, P. K. Nair melaporkan pembentukan dari Cu3BiS3 dengan metode chemical bath deposition (CBD). Hasil dari film tipis yang dihasilkan secara optik dapat menyerap cahaya pada rentang cahaya tampak dan memiliki konduktivitas tipe-p. Material ini juga memiliki lebar pita energi terlarang yang optimum untuk digunakan sebagai penyerap cahaya pada sel surya, dan koefisien absorpsi yang tinggi.

 

Buku ini menyajikan kajian mengenai penggunaan Cu3BiS3 yang disintesis dengan dua metode, metode CBD dan successive ionic layer reaction and adsorption (SILAR), sebagai penyerap cahaya pada quantum dot-sensitized solar cells (QDSSCs).

 

Buku ini juga menjelaskan tentang komponen-komponen penyusun QDSSCs dengan lebih detail sehingga diharapkan buku ini dapat menjadi landasan bagi para peneliti di Indonesia yang ingin mengembangkan riset di bidang QDSSCs.

 


                                                            PEMBELIAN BUKU: