Selasa, 07 Februari 2023

Pesantren Kampung Rifa'iyah: Implementasi PAI di Masyarakat Pengampon

  • Februari 07, 2023
  • Penerbit NEM


Indonesia sebagai salah satu negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, ternyata memiliki sebuah sistem pendidikan yang khas dan unik bernama pesantren. pesantren merupakan pendidikan Islam tradisional yang mempelajari, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan aspek moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Sebagai pendidikan Islam asli produk Indonesia dan “bapak” pendidikan Islam di Indonesia, pesantren memiliki berbagai model, salah satunya adalah pesantren yang membangun proses pendidikan agama Islam di sebuah kampung yeng kemudian akrab disebut dengan pesantren kampung. Buku ini akan membahas model Pesantren Kampung Rifa’iyyah yang berkembang di Pengampon. Rifa’iyyah Pengampon disebut sebagai pesantren karena memiliki unsur-unsur pokok pesantren seperti kIai, masjid, santri, pondok, dan pengajaran kitab Islam klasik yang biasa disebut “kitab kuning” yang tentunya dalam model kampung. Pendidikan pesantren kampung yang disajikan merupakan implementasi PAI di masyarakat

 

Pesantren kampung memiliki peranan yang sangat penting dalam perjalanan pendidikan Islam di Indonesia karena menjadi salah satu bagian yang membangun proses pembinaan moral spiritual masyarakat Indonesia. Rifaiyah menjadi bagian dari ormas Islam yang konsisten bergerak mendidik masyarakat melalui pesantren kampung dengan mengajarkan fiqih sosial yang sangat lekat dengan kultur budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Buku ini layak dibaca bagi penggiat sosial keagamaan yang ingin memotret salah satu model pendidikan Islam yang ada di Indonesia.

K.H. Miftahul Huda, M.Ag

Dosen Studi Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid

 

Gerakan literasi K.H. Ahmad Rifai yang menekankan aspek keagamaan dan budaya masyarakat lokal dalam perjuangannya melalui pesantren kampung menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Buku ini melengkapi kajian budaya literasi dalam pesantren yang memiliki kontribusi penting dalam ikut serta mencerdaskan bangsa.

Prasetiyo Widhi Suputro

Batang Heritage

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: