Kamis, 23 Maret 2023

الصور البديعية في القرآن الكريم دراسة عن سورة الرحمن

  • Maret 23, 2023
  • Penerbit NEM

   


Buku ini membahas salah satu bagian terpenting dalam melihat keindahan bahasa al-Qur’an sebagai bentuk kemukjizatan yang dimilikinya yang tidak ditemukan di dalam kitab suci yang lain. Kajian di dalam buku ini juga menjadi bagian terpenting untuk memahami makna al-Qur’an yang tidak selamanya bermakna denotatif.

 

Diketahui bahwa ada delapan bentuk keindahan al-Qur’an dari aspek makna dan lafal khususnya di dalam QS. al-Rahman, empat di antaranya pada aspek makna yaitu al-muqābalah, al-īhām, al-tikrār, dan al-irdāf. Sementara pada aspek lafal terdiri atas al-saja’, al-jinās, barā’ah al-istihlāl, dan ḥusn al-al-khitām. Selain itu juga dibahas secara tuntas tentang tujuan berbagai bentuk keindahan yang terdapat di dalamnya yang meliputi kemukjizatan bahasa, kemukjizatan stailistika, kemukjizatan ilmiah, kemukjizatan alfabetika al-Qur’an, kemukjizatan nada dan irama al-Qur’an, sajian ilmu pengetahuan, nasihat, ajaran monoteisme, ajaran moral dan akhlak, dan yang tidak kalah menariknya gambaran Allah tentang hari kiamat.

 

Di dalam karya ini juga dipaparkan secara mendasar aspek ilmiah yang menggabungkan antara studi-studi al-Qur’an tafsir (dirāsah qurāniyyah tafsīriyyah) dengan studi-studi stylistica (dirāsah balāgiyyah badī’iyyah) yang tentu menjadi cocern para pengkaji al-Qur’an dan bahasa Arab yang akan memberi manfaat terhadap berbagai ilmu pengetahuan.

                                                            PEMBELIAN BUKU: