Kamis, 09 Maret 2023

Karakteristik Desain Pembelajaran Scaffolding Argumen Driven by Inquiry Berbasis Literasi Sains

  • Maret 09, 2023
  • Penerbit NEM

 




Buku ini disusun untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait karakteristik Desain Pembelajaran Scaffolding Argument Driven by Inquiry Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Calon Guru Unggul Sekolah Dasar. Desain Pembelajaran ini selanjutnya di singkat ScArDIn berbasis literasi sains.

 

Pembelajaran ScArDIn berbasis literasi sains dilaksanakan dengan mengaitkan pada fenomena literasi sains dan terkait secara langsung pengetahuan awal mahasiswa. Mengintegrasikan pembelajaran dengan fenomena literasi sains yang ada di lingkungan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa dengan memfasilitasi mahasiswa untuk memahami permasalahan, dapat merumuskan masalah, dapat merencanakan cara pencarian data, merancang metode dan mengumpulkan data berdasarkan sumber informasi yang relevan. Analisis digunakan sebagai tahapan agar mahasiswa mampu melakukan analisis dan menyimpulkan masalah berdasarkan data yang diperoleh dengan mempresentasikan hasil argumentasinya secara berkelompok dan antarmahasiswa diberikan kesempatan untuk saling menyanggah argumen dengan data, bukti yang sudah dipersiapkan. Selanjutnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk saling merevieu hasil argumen antarkelompok dan memberikan revieu di setiap kelompok.

 

Target akhir dari setiap proses pembelajaran adalah tercapainya kompetensi. Kompetensi akhir yang diharapkan adalah calon guru yang unggul. Calon guru unggul merupakan calon guru yang memiliki kompetensi utama guru yaitu kompetensi pemahaman peserta didik, kompetensi pembelajaran yang mendidik, kompetensi penguasaan bidang keilmuan atau keahlian dan kompetensi sikap dan kepribadian seperti yang disyaratkan oleh KKNI. Penguatan calon guru unggul ada pada bidang pengetahuan yang di dalam proses pembelajarannya terintegrasi sikap dan tata nilai guna menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era industri 4,0 dan era society 5,0. Keahlian yang perlu dikuasai oleh calon guru adalah yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mencerminkan sumber daya manusia yang mampu bersaing pada abad ke-21.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: