Rabu, 12 April 2023

Teknik Penelitian Intervensi pada Masyarakat Baduy Luar

  • April 12, 2023
  • Penerbit NEM

 




Masyarakat Baduy tidak menempuh pendidikan formal di sekolah, memiliki aturan adat yang berlaku khusus di kalangan mereka, serta adanya peran besar tokoh atau pemimpin adat yang mengatur dan memengaruhi tata kehidupan yang harus dipatuhi Masyarakat Baduy. Gambaran karakteristik ini menjadi pertimbangan ilmiah dalam upaya melakukan program intervensi untuk mengatasi permasalahan status gizi pada anak balita Masyarakat Baduy Luar yang rendah.

 

Buku ini membahas cara melakukan penelitian intervensi kesehatan di daerah/masyarakat yang memegang teguh adat isitiadat dan budaya serta menutup diri terhadap pemanfaaatan kemajuan teknologi seperti Masyarakat Baduy. Teknik pendekatan kepada pimpinan dan tokoh adat dan metode yang dipakai dalam meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap masyarakat yang cenderung menutup diri dari intervensi dari masyarakat luar.

 

Intervensi dengan memanfaatkan pemimpin dan tokoh adat dan memberdayakan mereka sebagai penyuluh bagi Masyarakat Baduy Luar disajikan dalam buku ini dengan bahasa yang sederhana dan aplikatif step by step. Harapannya, hal itu dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para pembaca sehingga dapat melakukan penelitian yang sifatnya intervensi pada masyarakat yang memiliki karakteristik seperti Masyarakat Baduy Luar.

 

       PEMBELIAN BUKU: