Kamis, 04 Mei 2023

Analisis Penawaran Komoditas Jagung Nasional

  • Mei 04, 2023
  • Penerbit NEM

    




Komoditas Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang memiliki peranan strategis dan bernilai ekonomis serta mempunyai peluang untuk dikembangkan karena kedudukannya sebagai sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras (food), di samping itu juga jagung berperan sebagai bahan baku industri pakan (feed) dan bahan bakar nabati (biofuel). Seiring dengan peranan jagung yang semakin meluas, maka kebutuhan jagung juga akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Hal tersebut harus diiringi dengan peningkatan produksi komoditas jagung nasional. Produksi sangat erat kaitannya dengan penawaran komoditas jagung nasional.

 

Buku ini membahas tentang penawaran komoditas jagung nasional meliputi: (1) Gambaran umum komoditas jagung; (2) Konsep penawaran; (3) Kebijakan pangan di Indonesia; dan (4) Estimasi Respons penawaran jagung.

 

Isi dari buku ini diharapkan menjadi bahan ajar dan referensi bagi masyarakat dalam meningkatkan produksi komoditas jagung dan bagi pemerintah dapat dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan pangan dalam upaya mencapai kemandirian pangan berkelanjutan di Indonesia. 

                                      PEMBELIAN BUKU: