Senin, 01 Mei 2023

Pembuatan dan Karakterisasi Karbon Aktif

  • Mei 01, 2023
  • Penerbit NEM

          




Preparasi dan karakterisasi karbon aktif dari arang hasil pirolisis tempurung kelapa dan aplikasinya sebagai adsorben biru metilena. Preparasi dilakukan dengan metode kombinasi aktivasi kimia dan fisika dengan dialiri gas CO2.  Aktivasi kimia dilakukan menggunakan aktivator KOH, H3PO4, dan ZnCl2 dengan variasi konsentrasi dan   variasi waktu perendaman. Selanjutnya Aktivasi fisika dilakukan pada variasi temperatur  dan  lama aktivasi. Sementara itu, uji aktivitas  adsorpsi karbon aktif  untuk  mengadsorpsi biru metilena  dengan cara menentukan kondisi optimum adsorpsi meliputi pH, waktu kontak, dan konsentrasi biru metilena. Kinetika adsorpsi dianalisis menggunakan beberapa model kinetika, dan model  isoterm adsorpsi untuk menentukan  kapasitas dan energi adsorpsi.

 

Karakterisasi karbon aktif meliputi sifat kimia dan fisika yang terdiri dari analisis secara makro dengan  menentukan  daya serap iodium. Sementara itu, analisis secara mikro meliputi: penentuan gugus fungsi dengan Fourier Transform Infra Red (FTIR), identifikasi sifat kekristalan dengan X-Ray Diffraction (XRD), luas permukaan spesifik, volume total pori, dan rerata jejari pori dengan adsorpsi  N2 menurut Brunauer-Emmet-Teller (BET). Morfologi karbon aktif dengan Scanning Electron Microscope (SEM), keseragaman pori dengan Transmission Electron Microscopy  (TEM), dan uji stabilitas termal dengan Diffrential Thermal Analysis-Thermogravimetry Analysis (DTA-TGA).

 

Buku ini membahas pembuatan dan karakterisasi karbon aktif  hasil pirolisis arang tempurung kelapa menggunakan kombinasi aktivasi kimia dan fisika. Produk karbon aktif  hasil kombinasi aktivasi  kimia dan fisika mengalami perubahan sifat fisikokimia dari material dasar arang tempurung kelapa menjadi karbon aktif yang mempunyai struktur mesopori.

 

                                   PEMBELIAN BUKU: