Senin, 12 Juni 2023

Bahaya Keamanan Pangan

  • Juni 12, 2023
  • Penerbit NEM

     






Keamanan pangan merupakan salah satu tujuan utama perlindungan kesehatan masyarakat. Keamanan pangan diharapkan dapat mencegah, meminimalkan, atau menghilangkan risiko pada berbagai tahapan rantai pangan dan mampu memperoleh, menawarkan, dan mendistribusikan pangan berkualitas tinggi untuk berbagai konsumen. Keamanan pangan yang kurang baik dapat menimbulkan jutaan penyakit bawaan pangan di seluruh dunia setiap tahun.

 

Masalah keamanan pangan biasanya terjadi karena produk pangan terpapar dengan lingkungan yang kotor, sehingga pangan menjadi tercemar oleh bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Bahan berbahaya meliputi cemaran kimia, fisik, dan mikrobiologi. Contoh bahan berbahaya tersebut antara lain mikroba patogen yang menyebabkan orang sakit atau keracunan, cemaran kimia yang dapat menimbulkan penyakit akut atau kronis, dan bahan asing yang secara fisik dapat mencelakakan konsumennya.

 

Buku ini akan memberikan informasi tentang bahaya keamanan pangan (mikrobiologi, kimia, fisik, dan alergen) untuk mengatasi masalah keamanan pangan. Buku ini menyajikan informasi faktual yang ringkas berdasarkan berbagai sumber literatur ilmiah dan regulasi di beberapa negara. Harapannya, buku ini dapat meningkatkan pemahaman terkait bahaya keamanan pangan.

 

                                                            PEMBELIAN BUKU: