Rabu, 07 Juni 2023

Interprofessional Collaboration sebagai Upaya Penanganan Stunting di Indonesia

  • Juni 07, 2023
  • Penerbit NEM

      







Stunting selalu diawali dengan kenaikan berat badan yang tidak adekuat (weight faltering). Weight faltering yang tidak ditatalaksana secara optimal akan memperlambat laju pertumbuhan linier karena tubuh berusaha untuk mempertahankan status gizi. Perlambatan pertumbuhan linier ini akan berlanjut menjadi stunting (malnutrisi kronik). Kondisi weight faltering pada bayi dan balita memiliki faktor-faktor potensial sebagai penyebab yaitu adanya asupan kalori yang tidak adekuat, gangguan absorpsi atau meningkatnya metabolisme tubuh akibat penyakit tertentu.

 

Upaya untuk mengurangi stunting dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama di sektor kesehatan. Salah satu layanan ini mencakup kolaborasi berbagai profesi baik profesi kesehatan maupun lainnya, yang dikenal sebagai interprofessional collaboration. Upaya kolaboratif menghasilkan pelayanan dan hasil yang lebih baik untuk populasi yang dilayani. Kolaborasi mengarah pada peningkatan efisiensi, peningkatan campuran keterampilan, tingkat respons yang lebih besar, layanan yang lebih holistik, inovasi dan kreativitas, dan lebih banyak praktik yang berpusat pada sasaran. Hasil evidence based menunjukkan bahwa faktor pribadi dalam bentuk pengetahuan, sikap, self-efficacy, kolaborasi, dan komunikasi dapat meningkatkan kolaborasi antarprofesional.

 

Kolaborasi ini terdiri dari kemampuan untuk memahami peran individu dan peran tim manajemen, kemampuan untuk bertukar pengetahuan, memiliki tujuan bersama, dan menyediakan layanan yang berpusat pada klien dalam menangani stunting untuk anak balita. Selain itu, faktor situasional tentang seperti dukungan kepemimpinan dan pemberdayaan petugas kesehatan dan organisasi lintas profesi juga dapat meningkatkan kolaborasi dalam menangani stunting pada anak balita. Model interprofessional collaboration dalam pengelolaan stunting pada anak balita dipengaruhi oleh faktor pribadi dan faktor situasional.

                                                PEMBELIAN BUKU: