Senin, 10 Juli 2023

Upaya Pemberdayaan Mutu Pendidikan

  • Juli 10, 2023
  • Penerbit NEM

                          




“Pendidikan selalu menarik untuk dibahas, karena urgensinya dalam kehidupan setiap manusia yang tidak bisa dipungkiri memiliki andil sangat besar. Pembahasan tentang pendidikan tidak akan pernah ada habisnya selama manusia masih ada di dunia ini. Upaya pemberdayaan mutu pendidikan menjadi menarik dibahas untuk dapat selalu mengawal pendidikan yang bisa mengalami perbaikan dari masa ke masa.

 

Buku ini akan membahas hal-hal penting yang memengaruhi dan menentukan dalam upaya pemberdayaan mutu pendidikan, karena tentunya akan banyak faktor dan dimensi yang memengaruhi upaya pemberdayaan mutu pendidikan tersebut. Pembahasan dalam buku ini akan sangat ringan dibaca dan mudah dipahami.

 

Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag

(Guru Besar Manajemen Pendidikan & Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekakongan)

 

 

Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Lembaga ini menawarkan mutu outcome yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar bersifat ukhrowi namun juga duniawi di mana manusia tinggal sementara sekarang. Oleh karena itu, bagi para penyelenggara pendidikan perlu melengkapi pengetahuan dan skill di bidang pengelolaan dalam rangka memberi pelayanan pendidikan masyarakat yang semakin baik. Buku ini memberikan gambaran bagaimana unsur-unsur sebuah sistem manajemen pendidikan berperan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Bagaimana seorang kepala madrasah menempatkan posisinya yang memimpin sesuai dengan prinsip-prinsip kepemimpinannya, guru dengan tanggung jawab keprofesionalannya, arah dan orientasi tujuan pendidikannya, semua merupakan kesatuan yang terangkum dalam sebuah visi dan misi. Oleh karena itu, di tengah semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dampak yang ditimbulkan maka madrasah harus berperan sebagai lembaga pendidikan pilihan dengan terus membenahi mutu. Dengan demikian buku yang disusun oleh Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag., dkk. menarik dibaca sekaligus menjadi khazanah referensi ilmu pengetahuan di bidang pemberdayaan mutu pendidikan di Indonesia. Selamat membaca.

 

Prof. Dr. H. Zulkarnain S, M.Ag

(Guru Besar Ilmu Pendidikan UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu)

 

 

Buku yang ada di tangan pembaca ini memberikan wawasan yang sangat mendalam mengenai isu-isu mutu pendidikan. Penulis dengan cermat membahas berbagai aspek penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis tidak hanya berbicara tentang teori-teori yang ada, tetapi juga memberikan contoh konkret dan solusi yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Hal ini menjadi panduan yang sangat berharga bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap level.

 

Prof. Dr. Sitti Mania

(Guru Besar dalam Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)

 

 

Membangun kualitas sudah menjadi sebuah pilihan bagi lembaga pendidikan termasuk madrasah untuk secara terus-menerus melakukan peningkatan (continuous improvement) dengan menerapkan konsep pengendalian mutu. Buku ini menarik untuk dikaji, penulis mengupas dengan tuntas upaya pemberdayaan mutu pendidikan yang dapat dilakukan, sehingga sebuah kualitas dapat menjadi way of life bagi madrasah.

 

Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag

(Guru Besar Pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya)

 

 

Pendidikan merupakan proses sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai dan pengetahuan-pengetahuan yang terakumulasi di dalam masyarakat. Pendidikan dewasa ini lebih memprioritaskan pemberdayaan potensi (potensialisasi) intelegensia atau intelektualitas manusia. Peserta didik “dipaksa” senantiasa memberdayakan potensi dasar intelektualnya. Di sisi lain, multikulturalisme memiliki komitmen terhadap urgensi keragaman. Tuntutan multikulturalisme merebak bersamaan dengan semakin menguatnya kesadaran terhadap keterbatasan produk kerja rasional akal manusia (Suteja).

 

Prof. Dr. Suteja, M.Ag

(Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

 

                                                    PEMBELIAN BUKU: