Senin, 30 Oktober 2023

Pengaruh Kredit Mikro, Bunga Kredit, Agunan Kredit, dan Capacity Building terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro

  • Oktober 30, 2023
  • Penerbit NEM

 



Penambahan modal melalui kredit mikro dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kinerja keuangan usaha mikro. Kredit mikro dalam hal ini direfleksikan oleh kegunaan kredit, tujuan kredit, jangka waktu kredit, dan sektor usaha mampu menjelaskan variasi perubahan kinerja keuangan usaha mikro yang direfleksikan oleh peningkatan jumlah aset, omzet penjualan, dan laba usaha.

 

Bunga kredit tidak memberikan pengaruh secara nyata terhadap kinerja keuangan usaha mikro. Bunga kredit dalam hal ini direfleksikan oleh indikator kebutuhan dana, persaingan, kebijakan pemerintah, target laba, jangka waktu, kualitas jaminan, reputasi usaha, produk yang kompetitif, hubungan baik, dan jaminan pihak ketiga tidak mampu menjelaskan variasi perubahan kinerja keuangan usaha mikro yang direfleksikan oleh peningkatan jumlah aset, omzet penjualan, dan laba usaha.

 

Agunan kredit sebagai syarat dalam memperoleh kredit mikro dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kinerja keuangan usaha mikro. Agunan kredit dalam hal ini direfleksikan oleh jaminan benda berwujud, jaminan benda tak berwujud, jaminan orang, jaminan prospek usaha dan jaminan kelompok mampu menjelaskan variasi perubahan kinerja keuangan usaha mikro yang direfleksikan oleh peningkatan jumlah aset, omzet penjualan, dan laba usaha.

 

Capacity building yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro memberikan kontribusi secara nyata pada peningkatan kinerja keuangan usaha mikro. Capacity building dalam hal ini direfleksikan oleh penguatan kelembagaan, pendanaan dan pelayanan mampu menjelaskan variasi perubahan kinerja keuangan usaha mikro yang direfleksikan oleh peningkatan jumlah aset, omzet penjualan, dan laba usaha.

 

Buku ini memberikan suplemen positif atas kekhawatiran pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat dalam meningkatkan kinerja keuangannya sehingga akan lebih siap dalam berkompetisi.


                                                               PEMBELIAN BUKU: