Minggu, 03 Desember 2023

Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan Bandeng (Chanos chanos) sebagai Suplemen Kalsium untuk Tulang

  • Desember 03, 2023
  • Penerbit NEM

 


Produksi ikan bandeng (Chanos chanos) tanpa tulang meningkat cukup tinggi setiap tahunnya, peningkatan produksi ini berkorelasi positif dengan banyaknya limbah dari pengolahan ikan bandeng tanpa tulang, sehingga berpotensi tinggi mencemari lingkungan.

 

Tulang ikan bandeng ini yang tidak dimanfaatkan di masyarakat kemudian diolah menjadi sediaan farmasi serbuk effervesent sebagai suplemen kalsium tulang untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada manusia.

 

Pemanfaatan limbah tulang bandeng (Chanos chanos) sebagai sumber kalsium merupakan salah satu alternatif untuk menyediakan sumber pangan yang kaya nutrisi. Selain itu juga dapat mengurangi dampak negatif apabila terjadi pencemaran lingkungan akibat penanganan limbah pengolahan ikan bandeng (Chanos chanos).

 

Komponen utama tulang ikan bandeng (Chanos chanos) memiliki kandungan mineral kalsium yang tinggi yaitu 23,99%.

 

Kalsium itu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai proses metabolisme dan pembentukan tulang. Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan kelainan tulang pada anak-anak, kemudian pada orang dewasa kekurangan kalsium menyebabkan kehilangan massa dan tulang rapuh. Tulang ikan bandeng (Chanos chanos) adalah sumber kalsium alternatif yang baik dan dapat diformulasikan dalam bentuk sediaan effervesent sehingga memudahkan dalam penggunaannya. 

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: