Rabu, 03 Januari 2024

Miftahussalam fi Tarjamati 'Aqidatil 'Awam li Asy-Syaih As-Sayyid Ahmad Al-Marzuqiy

  • Januari 03, 2024
  • Penerbit NEM

 


Ilmu Tauhid merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap individu mukallaf karena di dalamnya membahas tentang ketuhanan (ilahiyyaat), kenabiyan (nabawiyyat), dan hal-hal yang didengar dari al-Qur’an yang wajib diyakini oleh setiap mu’min (sam’iyyaat).

Kitab Miftahus-Salam ini adalah terjemah dari manzhumah ‘Aqidatil-‘Awamm yang membahas tentang hal-hal yang wajib diketahui dan diyakini oleh setiap mukallaf. Diawali dengan pembahasan tentang ilahiyyaat, yakni tentang wajibnya mengetahui sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah, disusul dengan pembahasan tentang nabawiyyaat, yakni tentang sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Rasul, dan pembahasan tentang sifat-sifat yang mustahil bagi Allah dan Rasul. Kemudian pembahasan tentang sam’iyyaat, yakni hal-hal yang didengar dari al-Qur’an yang wajib diyakini oleh setiap mu’min, meliputi pembahasan tentang Rasul yang wajib diketahui, tentang malaikat, dan kitab-kitab samawiy. Kemudian diakhiri dengan khatimah yang berisi pembahasan tentang nasab, kelahiran, dan umur Nabi Muhammad, putra-putri, istri dan paman beliau, serta tentang isra’ mi’raj Nabi Muhammad saw., dan lainnya.

Terjemah manzhumah ‘Aqidatil-‘Awamm yang diberi nama Miftahus-Salam ini ditulis dengan tulisan arab pegon al-Itqaniy, yakni tulisan arab pegon menurut kitab al-Itqan, Pedoman Maca lan Nulis Arab Pegon, dengan tambahan penjelasan bacaan nazham menurut ilmu ‘Arudl, dan catatan kaki yang memberi tambahan penjelasan menurut Jumhur al-Mutakallimin.

Semoga Allah mencurahkan rahmat dan anugerahnya menjadikan kitab ini nafi’an ‘amman mubarakan fid-darain, serta menjadi shadaqah jariyah. Aamiin.

  

                                                               PEMBELIAN BUKU: