Senin, 01 Januari 2024

Monograf Edukasi Kelas KEKASIH untuk Meningkatkan Pemberian ASI Eksklusif

  • Januari 01, 2024
  • Penerbit NEM


Salah satu faktor penyebab kegagalan ASI eksklusif adalah pemberian makanan pralaktal. Pengetahuan yang buruk tentang menyusui, efikasi menyusui yang rendah, miskonsepsi tentang menyusui berpeluang sembilan kali untuk memberikan makanan pralaktal.

 

Oleh karena itu, diperlukan pendidikan kelas ibu hamil tentang manfaat pemberian ASI secara eksklusif untuk menurunkan beban bagi negara akibat kekurangan gizi. Diperlukan edukasi dan promosi ASI oleh penyedia layanan kesehatan dan pendampingan dalam kelas ibu hamil sebagai upaya meningkatkan cakupan pemberian ASI ekslusif.

 

Buku ini menjelaskan tentang edukasi menyusui pada kelas kelompok kecil kader bersama ibu hamil yang disingkat KEKASIH. Ini merupakan inovasi kelas ibu hamil dengan kader sebagai fasilitator yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan efikasi menyusui pada ibu hamil Trimester III.

 

Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti, mahasiswa, praktisi terkait untuk meningkatkan pemberian ASI eksklusif sehingga tercapai tumbuh kembang bayi yang optimal.



                                                               PEMBELIAN BUKU: