Rabu, 14 Februari 2024

Komunikasi dengan Lansia

  • Februari 14, 2024
  • Penerbit NEM

 


Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan media tertentu yang berguna untuk membuat pemahaman yang sama di antara mereka, informasi yang disampaikan dapat memberikan efek tertentu kepada komunikan.

Lansia merupakan suatu keadaan yang terjadi di dalam kehidupan manusia. Menjadi tua merupakan proses alamiah, yang berarti seseorang akan melewati tiga tahap dalam kehidupannya yaitu masa anak-anak, dewasa, dan tua.

Komunikasi efektif pada lansia adalah komunikasi interpersonal yang sangat penting dalam membangun hubungan yang baik antara perawat. Melalui komunikasi interpersonal, perawat dapat mengetahui bagaimana membentuk hubungan yang baik dengan orang tua, sehingga orang tua merasa nyaman di saat menghabiskan hari-harinya.

Proses komunikasi merupakan bagian integral untuk mendapatkan fakta-fakta yang memicu atau memperburuk perilaku yang sulit. Pengasuh harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang tua, keluarga, dan staf lain secara profesional. Hasilnya, komponen dasar dari proses komunikasi diperkenalkan dan diterapkan pada lansia.


                                                                PEMBELIAN BUKU: