Kamis, 29 Februari 2024

Konsep Dasar Teori Kehamilan, Persalinan, Bayi Baru Lahir, Nifas, dan Keluarga Berencana

  • Februari 29, 2024
  • Penerbit NEM

 


Asuhan kebidanan komprehensif merupakan asuhan yang dilakukan bidan mulai dari kehamilan, persalinan, nifas, BBL, nifas, dan Keluarga Berencana. Kehamilan didefenisikan sebagai fertilitas atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Persalinan merupakan proses pergerakan keluarnya bayi, plasenta, dan selaput ketuban dari uterus ibu. Masa nifas (postpartum) adalah masa dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat kandungan kembali semula seperti sebelum hamil, yang berlangsung selama 6 minggu atau 42 hari.

 

Sedangkan Keluarga Berencana menurut WHO adalah tindakan yang membantu individu atau pasangan suami istri untuk mendapatkan objek tertentu, yaitu menghindarkan kelahiran yang tidak diinginkan, mendapatkan kelahiran yang memang diinginkan, mengatur interval di antara kehamilan, menentukan jumlah anak dalam keluarga. Keluarga berencana adalah suatu usaha menjarangkan atau merencanakan jumlah anak dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi.

 

Buku ini akan membahas secara dasar teori asuhan komprehensif sebagai referensi mandasar. Buku ini dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami dan sederhana. Harapannya, buku ini dapat menambah pengetahuan dan kepada pembaca khususnya bidan dan tenaga kesehatan lain.

 

                                                                PEMBELIAN BUKU: