Rabu, 03 Juli 2024

Perancangan Kamar Mesin/Sistem-sistem Kapal (Desain 4)

  • Juli 03, 2024
  • Penerbit NEM



Perancangan Kamar Mesin/Sistem-sistem Kapal (Desain 4) ini terdiri dari tujuh Bab. Dari ketujuh bab tersebut, Bab 3 memperoleh porsi yang lebih besar, mengingat relevansinya yang sangat kuat dengan judul buku. Bab 2 terkait regulasi BKI, Bab 4 dan Bab 5 masing-masing menguraikan peralatan bantu penting yang harus ada di kapal.

Bab 1. Pedoman Umum, meguraikan tentang aturan dasar yang harus diperhatikan oleh mahasiswa terkait format laporan, materi perancangan, format gambar rancangan, dan validasi pengesahan dokumen perancangan.

Bab 2. Analisa Kebutuhan Konstruksi dan Mesin Perkapalan sesuai Regulasi BKI, mencakup materi tentang regulasi terkait perancangan kapal secara umum dan sistem-sistem permesinannya disesuaikan dengan tipe dan jenis kapal yang dirancang, termasuk peralatan keselamatan dan pelindung yang harus ada di kapal.

Bab 3. Sistem-sistem Permesinan pada Kapal, mencakup materi tentang sistem-sistem yang ada pada kapal, mulai dari sistem start, bahan bakar, pendingin, pelumas, pemadam kebakaran, bilga dan balas, sanitary, dan beberapa gambar layout engine room dan dengan gambar 3D. Hal tersebut dibahas dengan detail sesuai regulasi.

Bab 4. Pompa dan Perpipaan, mencakup materi jenis-jenis pompa, jenis-jenis pipa dan instalasinya, juga membahas terkait tanki-tanki dan pemeliharaannya.

Bab 5. Konversi Energi pada Kompresor, mencakup materi tentang strategi penghematan energi, kriteria kompresor dan pertimbangan pemakaian, konstruksi, dan peletakannya.

Bab 6. Contoh Perhitungan Biaya Sistem Permesinan Kapal Pelra, mencakup perhitungan dan pemilihan armatur yang dipakai pada masing-masing sistem yang disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, baru kemudian dicarikan guide dari maker/manufaktur yang memproduksi dengan pertimbangan harga terkini.

Bab 7. Catatan dan Rekomendasi, mencakup materi pertimbangan kapal sebagai sarana angkutan dan konektivitas, peralatan dan perlengkapan kapal, peran pemerintah dan stakeholder terkait yang hubungannya dengan kelangsungan sarana transportasi dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana sebagai negara maritim dan kepulauan yang wilayahnya 70% adalah laut.

   

                                                                   PEMBELIAN BUKU: