Selasa, 31 Juli 2018

Rasionalitas Maqāshid Al-Qur’an

  • Juli 31, 2018
  • Penerbit NEM


Buku yang sedang di hadapan pembaca ini merupakan sebuah upaya mengungkap tujuan Al-Qur’an melalui tiga sumber, yaitu Al-Qur’an, hadits, dan alam semesta. Secara substansial buku ini menampilkan profil Badiuzzaman Said Nursi yang mengelaborasi maksud-maksud Al-Qur’an, surah dan ayat.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, Said Nursi telah menemukan tiga maqashid Al-Qur’an, yaitu maqashid al-A’zham, maqashid al-Tab’iyyah, dan maqashid al-Asasiyah. Untuk maqashid yang terakhir ini, ia mengklasifikasinya pada empat unsur fundamental maqashid Al-Qur’an, yaitu tauhid, kenabian, kebangkitan, dan keadilan. Empat unsur fundamental tersebut kemudian ia rumuskan ke dalam maqashid Al-Qur’an, maqashid al-suwar, dan maqashid al-ayah. Paling tidak, fungsi maqashid Al-Qur’an dibagi ke dalam dua fungsi, yaitu berfungsi sebagai penguat kemukjizatan Al-Qur’an, dan berfungsi sebagai dasar dalam penafsiran. Sedangkan urgensinya, yaitu memberikan kontribusi pada i’jaz Al-Qur’an, membantu menentukan maksud ayat dan surah, dan menjadi sumber tema utama dan judul bagi tafsir tematik.
Kehadiran buku ini diharapkan dapat meningkatkan upaya memahami makna Al-Qur’an sesuai dengan tujuannya dan diharapkan relevan dengan tuntutan zaman, serta memberi sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Pemesanan : 0853-2521-7257 (WhatsApp)