Kamis, 29 November 2018

Smart City: Model Sistem Penerangan Area Parkir Menggunakan Arduino dan Sumber Energi Hibrida

  • November 29, 2018
  • Penerbit NEM


Penggunaan lampu sebagai penerangan pada area parkir sebagian masih mengkonsumsi energi listrik yang relatif besar. Perlu diupayakan bagaimana menggunakan energi sehemat mungkin dalam kondisi keterbatasan energi.

Alternatif solusi yang telah dibuat untuk menghemat penggunaan energi listrik sebagai kebutuhan penerangan area parkir adalah menggunakan metode sel dan menggunakan sumber energi hibrida. Materi dalam buku ajar ini disusun berdasarkan hasil penelitian dengan judul: “Smart City Model Penerangan Area Parkir Menggunakan Metode Sel Lampu LED Hemat Energi Dikontrol dengan Mikrokontroler” yang berisi bahasan singkat tentang mikroprosesor, Arduino, model sel penerangan area parkir, interface kontrol sel penerangan, sistem kontrol arduino, instalasi model dan hasil pengujian intensitas cahaya lampu penerangan area parkir. Selain model pengaturan penerangan, dalam buku ini juga dilengkapi dengan sumber energi hibrida sebagai sumber energi untuk penerangan pada area parkir.

Buku ini diharapkan dapat menjadi wawasan kepada mahasiswa atau pembaca guna memunculkan ide kreatif dalam membuat solusi-solusi permasalahan di lapangan. Semoga tulisan yang disajikan dapat bermanfaat khususnya membantu dalam pembelajaran mata kuliah mikroprosesor dan interface.