Jumat, 31 Juli 2020

MODEL PENDAMPINGAN KOMBINASI: MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP

  • Juli 31, 2020
  • Penerbit NEM

 

Dunia pendidikan terus bekembang seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Indonesia. Perubahan penting yang telah terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia salah satunya adalah perubahan kurikulum yang diikuti dengan perubahan perangkat kurikulum, yang diikuti dengan perubahan perangkat pembelajaran salah satunya yaitu RPP.

Dalam praktiknya, masih banyak guru dalam kegiatan belajar mengajar jarang menggunakan RPP sebagai acuan pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang terarah, kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Masalah rendahnya motivasi guru untuk membuat RPP, serta rendahnya kemampuan guru disebabkan karena minimnya pengetahuan guru tentang RPP. Selain itu kepala sekolah juga belum melakukan pembinaan yang tepat terhadap guru-guru dalam membuat RPP. Dengan demikian motivasi dan kemampuan guru menjadi kurang berkembang sehingga penggunaan RPP tidak tampak dalam pelaksanaan pembelajaran.

Buku yang ada di hadapam pembaca ini berisi contoh hasil penelitian tindakan sekolah yang membahas mengenai model pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan guru dalam membuat RPP.