Rabu, 08 Juli 2020

TEKNOLOGI BIOMATRICONDITIONING UMBI UNTUK PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH DI LAHAN PASIR PANTAI

  • Juli 08, 2020
  • Penerbit NEM

 

Bawang merah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat penting karena hingga kini bawang merah masih merupakan salah satu tanaman rempah yang paling banyak digunakan dan merupakan tanaman sayuran unggulan nasional bernilai tinggi. Kebutuhan bawang merah di masa mendatang akan terus meningkat. Lahan pasir pantai dapat sebagai lahan alternatif untuk pengembangan bawang merah. Budidaya bawang merah di lahan pasir pantai membutuhkan perlakuan yang khusus dikarenakan karakternya yang marjinal.

Teknologi matriconditioning merupakan perlakuan benih dengan media padatan yang dilembabkan dapat berupa arang sekam dan serbuk bata merah yang kemudian dapat dicampurkan dengan agens hayati yang disebut teknik biomatriconditioning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan perlakuan teknologi biomatriconditioning yang paling efektif meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah di lahan pasir pantai. 

Hasil penelitian menunjukkan teknologi biomatriconditioning mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah di lahan pasir pantai.

Kombinasi yang terbaik untuk bawang merah kultivar Tiron dan Crok adalah biomatriconditioning serbuk arang sekam yang diperkaya dengan Trichoderma. Sedangkan untuk bawang merah kultivar Biru adalah biomatriconditioning serbuk bata merah yang diperkaya dengan Trichoderma.