Kamis, 14 Januari 2021

COVID-19 DAN PSIKOSOSIAL MASYARAKAT DI MASA PANDEMI

  • Januari 14, 2021
  • Penerbit NEM


Buku yang berjudul “Covid-19 dan Psikososial Masyarakat di Masa Pandemi” ini disusun oleh Ayu Dwi Putri Rusman, SKM, MPH., Fitriani Umar, SKM, M.Kes., Makhrajani Majid, SKM, M.Kes. yang merupakan ahli dalam bidang kesehatan masyarakat.

Buku ini berisi informasi mengenai Covid-19, dimulai dari epidemiologi, etiologi, penularan, faktor risiko, manifestasi klinis, diagnosis, tata laksana, pemeriksaan dan pencegahan Covid-19. Selain itu, buku ini juga berisi informasi mengenai psikososial masyarakat, seperti pengertian psikososial, ciri-ciri gangguan psikosial, psikososial masyarakat di masa pandemi Covid-19, psikososial yang ditinjau dari berbagai aspek (ekonomi, agama, pekerjaan dan interaksi sosial), dampak gangguan psikososial masyarakat, serta dukungan kesehatan jiwa dan psikososial masyarakat terkait pandemi Covid-19.

Buku ini hadir atas keresahan karena menyebarnya informasi yang tidak jelas tentang virus Corona. Diharapkan dengan hadirnya buku ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat tentang Covid-19, sehingga dapat membantu mengurangi penularan Covid-19, serta menghindari stigma pada pasien dan keluarga Covid-19.