Selasa, 12 Januari 2021

UR, VED, LAHTAL: Suatu Studi Reinterpretasi tentang Theisme dalam Masyarakat Suku Hamap di Kelurahan Moru, Kecamatan Alor Barat Daya

  • Januari 12, 2021
  • Penerbit NEM

 

Ur, Ved dan Lahtal merupakan tiga nama sesembahan masyarakat suku Hamap. Tiga nama ini tidak dapat dipisahkan dalam penyebutannya. Dalam mengawali semua ritus kegamaan Hamap, tiga nama ini selalu diucapkan. Ur diartikan dengan Bulan, Ved diartikan sebagai Matahari dan Lahtal diartikan sebagai rumah/tempat tinggal yang ada di atas.

Penganut agama suku Hamap menghayati adanya Yang Mutlak melalui pengalaman sehari-hari. Mereka memahami bahwa ada kuasa yang berada di luar kekuasaan mereka. Kuasa itu melampaui kuasa dan kemampuan manusia. Itulah yang disapa sebagai Lahtal, Bulan (Ur) dan Matahari (Ved) adalah juga merupakan ciptaan dari Lahtal. Dalam suku hamap, Lahtal itu memberikan perlindungan kepada manusia dalam hidupnya. Karena itu, manusia menyapanya baik pada saat berada dalam keadaan bersukacita maupun pada saat berdukacita. Manusia menyapa Yang Mutlak dengan maksud memohon perlindungan dari berbagai ancaman. Itulah sikap mereka yang menggambarkan pemahaman tentang rasa ketuhanan.