Selasa, 11 Mei 2021

MODEL INTERAKSI INDEPENDENSI AUDITOR

  • Mei 11, 2021
  • Penerbit NEM

 

Skandal manipulasi akuntansi yang menghantam Enron dan WorldCom di Amerika Serikat, telah menimbulkan pertanyaan menarik tentang peran Auditor. Kasus Enron melibatkan Kantor Akuntan Publik (KAP) Arthur Andersen yang bertindak sebagai auditor eksternal sekaligus juga menyediakan jasa konsultasi. Sebelum kebangkrutan Enron terungkap, KAP Arthur Andersen mempertahankan Enron sebagai klien perusahaan, dengan memanipulasi laporan keuangan dan penghancuran dokumen atas kebangkrutan Enron. Selanjutnya Kasus manipulasi keuntungan oleh pihak manajemen Worldcom yang disetujui oleh KAP Arthur Andersen, yang sebagai Auditor perusahaan WorldCom tidak diungkapkan dalam opini auditor. Selain kasus Enron dan WorldCom di Amerika Serikat, beberapa skandal perusahaan yang secara tidak langsung melibatkan Auditor telah merusak kepercayaan publik terhadap independensi auditor.

Skandal ini telah menyebabkan masyarakat menderita kerugian besar dan juga telah merusak reputasi Auditor dan profesi audit. Sorotan tajam pun diarahkan oleh masyarakat dan pengguna laporan keuangan terhadap perilaku auditor yang dipersepsikan gagal dalam menjalankan perannya sebagai profesi yang bekerja untuk kepentingan umum. Masyarakat dan pengguna laporan keuangan menjadi ragu dan kurang percaya atas kemampuan auditor dalam menjaga independensinya. 

Buku yang berjudul Model Interaksi Independensi Auditor ini menyajikan pembahasan mengenai Independensi Auditor,  Perilaku Disfungsional Auditor, Etika dan Moral, Kode Etik Profesi, Konflik Kepentingan, Konflik Peran Auditor, Dilema Etis, Komitmen Profesional, Budaya Etis Organisasi, Intensitas Persaingan Kantor Akuntan Publik (KAP), Pengambilan Keputusan Etis, Model Interaksi Personal-Situasional Trevino (1986), Teori Perkembangan Moral Kognitif, dll.