Selasa, 09 Maret 2021

TOKOH PEMBAHARUAN ISLAM INDONESIA

  • Maret 09, 2021
  • Penerbit NEM

Islam merupakan agama yang mewajibkan para pemeluknya untuk mengajak kepada jalan yang benar. Tugas mulia ini dibebankan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. serta kepada umat-Nya sebagai penerus cita-cita Islam yang suci. Saat ini kita melihat Islam telah berkembang dengan cepat di belahan dunia, baik di Barat maupun di Timur, maka hal itu tidak terlepas dari usaha-usaha para pendahulu pada masa lalu yang telah membuka jalan terhadap pemikiran pembaharuan Islam.

Pembaharuan Islam di Indonesia terjadi sekitar tahun 1900-an. Pada masa itu umat Islam mulai sadar, bahwa tidak mungkin melawan kolonial Belanda yang gencar dengan misi kristenisasinya dengan kekuatan-kekuatan yang menentang pihak Belanda saja. Cara-cara penegakan Islam secara tradisional dianggap tidak mampu menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi umat Islam. Oleh sebab itu, salah satu cara yang harus ditempuh yaitu dengan mengadakan perubahan-perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan agar dapat mengembangkan kembali sayap Islam. Pembaharuan ini ditandai dengan tumbuhnya para tokoh dan berbagai pergerakan, baik dalam bidang pendidikan, sosial maupun politik.

Dari sinilah semangat pembaharuan Islam terbentuk menjadi apa yang disebut dengan gerakan pembaharuan. Di antara tokoh pembaharuan Islam di Indonesia yaitu: Syaikh Ahmad Syurkati, Ahmad Hassan, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari. Mereka melembagakan diri dalam bentuk perhimpunan atau organisasi, seperti al-Irsyad, PERSIS, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.