Rabu, 26 Januari 2022

Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui

  • Januari 26, 2022
  • Penerbit NEM


Masa nifas merupakan masa yang penting dalam periode seorang perempuan menjadi seorang ibu, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali menjadi seorang ibu. Dalam masa nifas ini, banyak hal yang dibutuhkan untuk dipenuhi kebutuhannya selama masa menyusui. Di sinilah, seorang bidan mempunyai peranan yang spesial dalam menunjang pemberian ASI serta dapat membantu ibu nifas dalam mencegah permasalahan yang bisa muncul selama masa nifas ini.

Buku ini ditujukan kepada mahasiswa kesehatan, khususnya mahasiswa kebidanan, praktisi bidan serta dosen pengampu kebidanan serta siapa pun yang ingin mendapatkan informasi tentang masa nifas dan menyusui. Buku ini dilengkapi dengan soal evaluasi di setiap babnya sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memahami isinya.

Buku ini berisi tentang manajemen konsep kunjungan rumah pada ibu nifas dan neonatal normal, perubahan fisiologis, emosional dan psikososial pada masa nifas, masalah umum yang sering terjadi pada masa nifas, manajemen pada masa nifas, kondisi ibu nifas yang tidak mendapat perawatan, peralatan menyusui, teknologi dan peralatan pemberiannya, asuhan masa nifas dan menyusui berdasarkan hasil penelitian, masalah pengeluaran ASI, menyusui bayi prematur, menyusui bayi kembar, teknik menyusui yang benar, memerah ASI dengan tangan/manual, menyusui pada ibu yang bekerja, penghentian menyusui, masalah menyusui, menyusui dalam keadaan khusus, memilih pengganti ASI yang sesuai, jenis susu formula, kebutuhan nutrisi bayi yang diberi susu formula, manajemen pemberian susu formula, masalah terkait dengan pemberian susu formula, kerugian terkait pemberian susu formula, risiko kesehatan terkait pemberian susu formula, pemeriksaan masa nifas, manajemen bidan untuk masa nifas abnormal, perawatan masa nifas di rumah sakit dan perawatan pascaoperasi sectio sesaria, kontrol kesuburan setelah persalinan.