Rabu, 26 Januari 2022

Matematika Diskrit

  • Januari 26, 2022
  • Penerbit NEM


Buku ini membahas mengenai materi Matematika Diskrit yang akan digunakan oleh mahasiswa dalam mata kuliah Matematika Diskrit. Matematika Diskrit merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa jurusan tadris matematika. Hal ini dikarenakan Ilmu Matematika Diskrit meliputi materi penting dari beberapa bidang seperti teori himpunan, fungsi, relasi, kombinatorial, dan teori graf. Mahasiswa yang menguasai ilmu Matematika Diskrit dapat membekali mahasiswa ilmu komputasi berpikir logis dan analitis.

Buku matematika diskrit ini disusun sepraktis mungkin dengan tidak meninggalkan dasar teori yang diperlukan. Bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami, sehingga pemahaman konsep matematika mahasiswa lebih baik. Pembelajaran dengan penanaman konsep dasar merupakan jembatan yang harus dapat menghubungkan kemampuan kognitif siswa yang konkret dengan konsep matematika yang abstrak. Penanaman konsep bertujuan agar siswa lebih memahami suatu konsep pembelajaran matematika.

Langkah-langkah penanaman konsep matematika diskrit dalam buku ini dibahas tuntas. Pemahaman yang melekat terus-menerus akan mengembangkan kreativitas mahasiswa, serta diharapkan mampu meningkatkan keterampilan argumentasi matematis mahasiswa. Buku ini juga memuat banyak contoh soal yang disertai pembahasan secara rinci dan lebih dari 100 soal latihan sehingga membantu penguasaan materinya.