Kamis, 03 Februari 2022

Buku Ajar Industri Jasa Boga

  • Februari 03, 2022
  • Penerbit NEM


Industri jasa boga berawal sebagai salah satu alat sosial, makan bersama di luar rumah menjadi faktor utama terbentuknya industri jasa boga. Industri penyelenggaraan makanan atau dikenal juga sebagai industri jasa boga didefinisikan sebagai salah satu bentuk bisnis yang dilakukan oleh perorangan, kelompok, institusi, maupun perusahaan yang bertanggung jawab terhadap penyiapan makanan siap konsumsi yang dalam penyelenggaraannya bukan merupakan bagian dari rumah tangga pribadi konsumen tersebut.

Buku ini membahas kompleksitas industri jasa boga. Mulai dari sejarah perkembangan, tren saat ini, hingga peraturan dan ketentuan penyelenggaraan makanan pada industri jasa boga. Selain itu, buku ini juga menjelaskan karakteristik cuisine pada berbagai bangsa seperti Asia, Eropa, dan Amerika. Pada bagian akhir, diperkaya dengan pengetahuan mengenai gastronomi molekuler, yaitu disiplin keilmuan saintifik yang fokus pada perubahan fisika dan kimiawi yang terjadi selama proses pemasakan.

Melalui buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami kompleksitas industri jasa boga yang rumit dan memerlukan persiapan yang baik.