Senin, 07 Februari 2022

Modul Konsep Kebidanan

  • Februari 07, 2022
  • Penerbit NEM


Konsep kebidanan adalah penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan/masalah kebidanan (kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir/BBL, KB, kesehatan reproduksi wanita, dan pelayanan kesehatan masyarakat).

Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini harus mencakup pendidikan antenatal dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi, dan asuhan anak. Bidan dapat praktik di berbagai tatanan pelayanan, termasuk di rumah, masyarakat, rumah sakit, klinik atau unit kesehatan lainnya.

Buku ini penulis susun sebagai penuntun mahasiswa kebidanan dalam melakukan profesinya sebagai bidan yang profesional, sehingga mahasiswa memahami betul peran dan fungsi bidan dalam asuhan kebidanan. Materi buku ini mengulas tentang pengantar asuhan kebidanan, filosofi dan falsafah kebidanan, sejarah perkembangan kebidanan, paradigma kebidanan, peran dan fungsi bidan dalam praktik kebidanan, dasar pemikiran teori kebidanan, prinsip pemikiran karier bidan, sistem penghargaan bagi bidan, serta dokumentasi kebidanan.


Beli Buku: