Kamis, 03 Februari 2022

Penentuan Batas Kestabilan Steady State Sistem Multimachine Menggunakan Model Modified Single Machine to Infinite Bus (M-SMIB)

  • Februari 03, 2022
  • Penerbit NEM


Sistem tenaga listrik secara umum terdiri dari unit-unit pembangkit yang terhubung ke beban melalui saluran interkoneksi. Untuk menganalisis kestabilan setiap unit generator, sistem multimachine harus diubah terlebih dahulu menjadi sistem Single Machine to Infinite Bus (SMIB).

Metode baru untuk membentuk sebuah sistem Modified Single Machine to Infinite Bus (M-SMIB) dari sebuah sistem multimachine, yang secara aktual dapat mewakili keadaan operasi sebuah generator dalam sistem multimachine, dengan sebuah impedansi ekivalen dan sebuah beban ekivalen yang terletak pada infinite bus, dibentuk menggunakan konsep losses jaringan. Kemudian ditentukan nilai pembangkitan maksimum, yaitu batas kestabilan steady state generator, yang dapat dibangkitkan sebuah generator yang beroperasi dalam sebuah sistem multimachine, dengan keadaan masih dalam kondisi stabil saat terjadi penambahan beban.

Untuk mempermudah penentuan nilai batas kestabilan steady state setiap unit generator yang berubah setiap saat terjadi perubahan nilai beban, diaplikasikan salah satu model jaringan syaraf tiruan yaitu Radial Basis Function Neural Network (RBFNN). RBFNN dapat digunakan untuk melakukan proses penentuan batas kestabilan steady state setiap unit generator sehingga nilainya tidak perlu dihitung setiap saat terjadi perubahan pembebanan pada sistem multimachine, tetapi dapat ditentukan secara langsung. Hal ini akan berguna untuk mengatur pengoperasian setiap unit generator dalam batas kemampuan operasi yang diizinkan, sehingga keamanan generator dapat ditingkatkan dan tetap menjaga kestabilan sistem tenaga listrik yang terinterkoneksi pada sistem multimachine.