Selasa, 22 Maret 2022

Pendidikan Seks bagi Remaja

  • Maret 22, 2022
  • Penerbit NEM

 Pendidikan seks dapat diartikan sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan jenis kelamin, mencakup pertumbuhan jenis kelamin, fungsi, kesehatan dan perkembangan alat reproduksi, tingkah laku seksual, dan unsur psikologisnya.

Perilaku seksual adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual, baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis, bentuk tingkah laku bisa bermacam-macam, mulai dari perasaan tertarik sampai tingkah laku berkencan, bercumbu, dan bersenggama. Objek seksualnya bisa berupa orang lain, orang dalam khayalan, atau diri sendiri.

Perkembangan fisik termasuk organ seksual yaitu terjadinya kematangan serta peningkatan kadar hormon reproduksi atau hormon seks baik pada laki-laki maupun pada perempuan yang akan menyebabkan perubahan perilaku seksual remaja secara keseluruhan. Pada kehidupan psikologis remaja, perkembangan organ seksual mempunyai pengaruh kuat dalam minat remaja terhadap lawan jenis.

Pada masa remaja rasa ingin tahu terhadap masalah seksual sangat penting dalam pembentukan hubungan yang lebih matang dengan lawan jenis. Matangnya fungsi-fungsi seksual maka timbul pula dorongan-dorongan dan keinginan-keinginan untuk pemuasan seksual. Sebagian besar dari remaja biasanya sudah mengembangkan perilaku seksualnya dengan lawan jenis dalam bentuk pacaran atau percintaan.

Buku ini berisikan penjabaran tentang pendidikan seks bagi remaja dan perilaku seksual berisiko pada remaja beserta keseluruhan penyebabnya, penjelasan yang sangat lengkap, disertai contoh kasus, hasil penelitian yang baru tentang perilaku seks yang merupakan ringkasan dari beberapa buku yang digabungkan kemudian dideskripsikan dalam suatu kalimat. Buku ini cocok digunakan oleh mahasiswa kesehatan, praktisi pengajar kesehatan, tenaga kesehatan, dan seluruh lapisan masyarakat yang ingin menambah pengetahuan tentang perilaku seksual berisiko remaja.



         

                                                                          BELI BUKU: