Senin, 11 April 2022

Buku Ajar Koperasi untuk Perguruan Tinggi

  • April 11, 2022
  • Penerbit NEM

 

Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang untuk kepentingan bersama. Kegiatan koperasi berlandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Perkembangan koperasi di dunia dimulai pada abad ke-20. koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, Ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak.

Perkembangan koperasi yang aktif akan berkembang pesat dengan dukungan pemerintah, stakeholder, dan anggota koperasi. Koperasi yang dikelola dengan baik dan maju akan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian nasional dan pendapatan nasional. Buku ajar ini membahas tentang sejarah koperasi dunia dan Indonesia, asas, prinsip, alat perlengkapan koperasi, manajemen keuangan, koperasi syariah, dan strategi daya saing koperasi.

Strategi nasional pengembangan Koperasi dan UMKM dengan berbagai problemnya seperti perluasan akses pasar, kemampuan daya saing usaha, akses pembiayaan dan investasi. Di sisi lain tantangan besar lainnya adalah masuknya barang konsumsi impor karena konsekuensi perekonomian global.

Keberhasilan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi anggotanya akan lebih mudah diukur, apabila aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh anggota dilakukan melalui koperasi. Tingkat kesejahteraan itu dapat ditandai dengan tinggi rendahnya pendapatan riil.

Beli Buku: