Rabu, 06 April 2022

Metode Menghitung Besar Sampel pada Penelitian Kesehatan

  • April 06, 2022
  • Penerbit NEM


Buku ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada peneliti agar dapat menentukan besar sampel minimal yang dibutuhkan untuk tujuan penelitiannya. Sampel yang terlalu besar menjadi pemborosan sumber daya, khususnya pada penelitian yang memerlukan biaya survei yang mahal. Sebaliknya sampel yang terlampau kecil dapat memengaruhi kualitas hasil penelitian.

Estimasi besar sampel penelitian merupakan bagian penting dalam proses penelitian untuk memperoleh hasil penelitian yang berkualitas. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan besar sampel. Salah satunya adalah menggunakan rumus besar sampel yang telah banyak dikembangkan oleh para ahli.

Buku ini menyajikan dasar penurunan rumus besar sampel dan berbagai rumus untuk menentukan besar sampel minimal yang banyak dikembangkan oleh para ahli dan cara menggunakannya untuk berbagai tujuan penelitian, antara lain untuk mengestimasi rerata populasi, mengestimasi proporsi populasi, menguji hipotesis beda rerata dua populasi, dan uji hipotesis beda proporsi dua populasi.


 Beli Buku: